Selasa, 29 November 2011

LAPORAN PENGGUNAAN DANA SUBSIDI PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU KE S1 TAHUN 2011


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Diera globalisasi sekarang ini sesuatu hal yang  aneh apabila dari kalangan atas sampai bawah dapat melihat persis segala peristiwa dari belahan barat sampai timur.Semua yang kita saksikan tiada lain adalah berkatmajunya ilmu pengetahuan dan teknologi.Tetapi sayangnya kita masih dalam taraf menikmati saja  dan belum menjadi pelaku kemajuan tersebut.Mengapa demikian ?karena kebanyakan diantara kita enggan meningkatkan pengatuhan dan pengalaman pendidikan.jika kita mau berupaya keras untuk itu sudah barang tentu kita tidak hanya sebagai konsemen saja,tetapi juga sebagai produsen dalam kemjuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang.
            Untuk mengimbangi kemajuan tersebut pemerintah mengamil kebijakan dengan membuat standar minimal tenaga pendidik disekolah Menengah berijazah S1.Adanya kebijakan trsebut guru yang pada umumnya diangkat dari D1,D2,D3 dan yang sederajad ,tergugah untuk mengikuti program penyetaraan S1.Hal ini dilakukan agar menjadi tenaga pendidik yang profesional.
            Peran serta guru sangat dominan  untuk mencapai suatu keberhasilan peserta didiknya.Oleh karena itu guru harus menyadrinya sebagai pemikul tanggung jawab dalam mengantar pendidikan yang berkualitas,berhasil guna dan berdaya guna sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
B.Dasar/Landasan
            Adapun yang menjadi dasar landasan kegiatan peningkatan Kualifikasi Guru ke Si dengan diberi Subsidi oleh pemerintah adalah.
1.Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
2.Undang-undang no.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.PP No. 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan


C.Tujuan
            Penyusunan laporan ini memiliki tujuan antara lain sebagai bentuk laporan secara tertulis setelah menerima dana Subsidi Peningkatan Kualifikasi Guru ke S1 dan sebagai bentuk pert anggungjawaban penggunaan dana kepada pemerintah.

PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU KE S.1
A.Pelaksanaan
            .Program peningkatan kualifikasi guru  ke S1 yang kami ikuti adalah program yang diselenggarakan oleh IKIP PGRI Semarang.Dengan sistim perkuliahan jarak jauh agar tidak mengganggu Proses Belajar Mengajar di sekolah. Maka pelaksanaan tatapmuka diselenggarakan pada hari Jum’at,Sabtu dari jam 14.00 s/d jam 17.00 kemudian hari Minggu dari jam.08.00. s/d jam 17.00.WIB.
B.Pembiayaan
            Pembiayaan peningkatan kualifikasi  ke S1 ini dilakukan dengan Swadana atau pembiayaan sendiri oleh mahasiswa.Namun dengan penuh kebijaksanaan pemerintah telah membantu pembiayaan tersebut sebesar Rp,3.500.000. ( tiga juta limaratus ribu rupiah )untuk setiap mahasiswa yang diterima setahun sekali.Bantuan tersebut telah kami gunakan untuk membayar SPP/regrestasi sebesar Rp,2.750.000. ( dua juta tujuratus limapuluh ribu rupiah ) pada semester 2 ( dua) dan sisanya direncanakan untuk membayar SPP di semester 3 yang kekurangannya menggunakan dana sendiri.
C.Permasalahan
            Dengan adanya perkuliahan pada umumnya kesibukan guru menjadi bertambah seolah-olah tidak ada hari libur.Masih ditambah lagi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen yang harus kami kerjakan dirumah yang waktunya bersamaan dengan persiapan-persiapan mengajar disekolah.Walaupun begitu permasalahan permasalahan dapat kami atasi dengan mengatuar waktu yang baik dan kemauan yang kuat untuk menyelesaikan kuliah ini.Dan kami sadar kemajuan ilmu dan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan pendidikan dan pengalaman.
D.Kesimpulan
            Program peningkatan Kualifikasi ke S1 merupakan program yang sangat ermanfaat bagi guru.Guru mempunyai kesempatan untuk meningkatkan keilmuannya agar tigak ketinggalan jaman.Guru dapat mengembangkan profesionalnya untuk dapat mencetak pserta didik.
E.Saran
            Kami sangat berharap program bantuan untuk kualifikasi guru ini dapat berlanjut.Hal ini kami sampaikan dalam laporan ini karena pada kenyataannya banyak guru yang banyak ingin melanjutkan pendidikannya ke S1 namun kesulitan dalam pembiyayan.


PENUTUP

            Dengan mengucapkan puji Syukur kepada Allah swt karena kita telah mendapatkan bantuan dari pemerintah.Kami selaku penerima dana bantuan Peningkatan Kualifikasi Guru ke S1 .Juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang meringankan beban kami dalam segi pembiayaan perkuliahan.Dengan adanya bantuan tersebut menunjukkan bahwa pemerintah benar-benar memperhatikan kami untuk maju dan mengimbangi kemajuan ilmu dan teknologi.Kami mempunyai kemampuan,kemantapan dan keberanian  untuk mengantarkan anak didik kami diera globalisasi ini.Batuan dana tersebut benar-benar benmanfaat sangan meringankan beban kamimyang sedang menempuh pendidikan S1 bersamaan dengan membiayai anak-anak kami sekolah.Demikian yang dapat kami sampaikan semoga meningkatkan kemajuan guru-guru dapat menimbulkan kemajuan bangsa dan Negara.



                                                                                                Penrima


                                                                                                Edy Susanto


                                                                                               
           
LAMIRAN-LAMPIRAN

1.Foto copy Kartu Mahasiswa 1 lembar
2.Foto copy Nilai Ujian semester 1 tahun 2011
3.Foto copy setor pembayaran masa regristasi semester 1 dan 2 tahun 2011
   1 lembar
4.Foto Copy Kartu Bukti regrestasi ,semester 1 dan 2 tahun 2011
5.Foto copy KTP 1 lembar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar